Beranda Post Aplikasi SehatQ Mudahkan Akses Layanan Kesehatan di Indonesia

Aplikasi SehatQ Mudahkan Akses Layanan Kesehatan di Indonesia

131
SHARE
Aplikasi SehatQ Mudahkan Akses Layanan Kesehatan di Indonesia

com-Peluncuran aplikasi SehatQ. Foto: Novianti Putri/kumparan.

Perkembangan teknologi telah membantu manusia dalam berbagai aspek. Salah satunya kesehatan. Kini, berbagai inovasi teknologi dihadirkan untuk meningkatkan teknik pengobatan serta pelayanan kesehatan.

Kendala dari pelayanan kesehatan di Indonesia sendiri adalah antrean rumah sakit yang cukup panjang. Belum lagi, konsultasi ke dokter spesialis terkadang memakan biaya cukup mahal, bahkan untuk penyakit ringan seperti demam. Hal ini tentu menyulitkan masyarakat menengah ke bawah.

Belum lagi, informasi kesehatan yang kredibel dan terpercaya sulit didapat di internet. Ya, ada banyak hoaks kesehatan di internet yang harus diwaspadai. Hal tersebut cukup meresahkan masyarakat.

Platform SehatQ hadir untuk memberikan solusi dari berbagai permasalahan tersebut. Platform ini memiliki berbagai fitur unggulan yang dapat memudahkan masyarakat mendapatkan akses informasi dan pelayanan kesehatan dengan berbagai fitur unggulan. Beberapa di antaranya adalah booking dokter lewat aplikasi, chat gratis dengan dokter, serta artikel kredibel yang ditulis dan ditinjau oleh dokter.

Aplikasi SehatQ sendiri diluncurkan pada Rabu, 25 September 2019 di Sinarmas Land Plaza Tower 2, Thamrin, Jakarta. Pada peluncuran tersebut, ada juga talkshow yang menghadirkan Linda Wijaya (Founder/CEO SehatQ), Tarra Budiman (Lifestyle Influencer/Artist), serta dr. Audy Antawidjaja (CMO Bamed Healthcare Group & Momfluencer).

Mereka memulai obrolan dengan membahas keseharian masing-masing. Tarra Budiman, misalnya. Walau memiliki jadwal yang sangat padat sebagai public figure, dia membagi waktu dan menyempatkan diri untuk menerapkan gaya hidup sehat.

“Pada tahun 2012 saya kehilangan banyak orang yang disayangi. Setelah itu saya berkomitmen untuk menerapkan pola hidup sehat. Saya ingin selalu ada untuk anak saya kelak,” ujar Tarra. Tarra juga membagikan tipsnya dalam menjalankan gaya hidup sehat. Tidak rumit, hanya tiga hal berikut: istirahat cukup, pola makan baik, dan berolahraga.

dr. Audy Antawidjaja juga berupaya untuk membagi waktu di antara pekerjaan dan mengurus rumah tangga agar seluruh anggota keluarga tetap sehat.

“Aku membiasakan masak sendiri untuk keluarga. Jadi nutrisi dan kebersihannya terjaga,” tutur dr. Audy yang juga merupakan seorang wirausahawan. Yang menarik, walaupun dr. Audy dan suami sama-sama dokter, tetapi jika anak sakit cukup parah, mereka harus tetap mengantre di rumah sakit seperti yang lainnya. Oleh karena itu, kehadiran SehatQ akan sangat membantunya.

Sementara itu, Linda Wijaya menceritakan motivasinya dalam membangun platform SehatQ. Dulu, anaknya pernah jatuh sakit. Dia sempat kebingungan saat mencari informasi terpercaya di internet, sementara untuk mengantre di dokter cukup memakan waktu. Linda kemudian memiliki cita-cita agar bisa membuat healthcare atau pelayanan kesehatan di Indonesia lebih baik.

Berbagai fitur unggulan SehatQ Linda kemudian menjelaskan seputar fitur aplikasi SehatQ yang pastinya akan sangat membantu masyarakat. Pertama adalah layanan booking dokter. Perlu diketahui, SehatQ telah bekerja sama dengan lebih dari 300 fasilitas kesehatan dan meng-cover lebih dari 2000 dokter di Indonesia yang bisa di-booking melalui aplikasi.

Kelebihannya, tentu saja, seakan memiliki asisten pribadi. Tinggal pilih dokter yang diperlukan, dan tim SehatQ akan melakukan booking bahkan mengingatkan jadwal kepada pengguna.

SehatQ juga menyediakan layanan chat dengan dokter di dalam platform tersebut. Jadi, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai penyakit yang diderita.

Kemudian barulah dokter akan menyarankan untuk dibawa ke rumah sakit atau cukup penanganan di rumah saja dengan obat tertentu. Hal ini tentunya akan sangat menghemat biaya karena fitur chat tersebut gratis.

“Jadi kalau sakit saat di luar negeri, bawa obat terbatas, bisa chat via aplikasi SehatQ seputar penanganan atau obat apa yang harus diminum di sana,” ujar Tarra.

Fitur lain yang dihadirkan aplikasi ini adalah artikel yang kredibel dan terpercaya. Tidak perlu takut hoaks karena artikel di SehatQ terverifikasi oleh dokter. Selain itu, bahasanya juga mudah dimengerti dan dilengkapi dengan visual yang memanjakan mata.

“Penulisan artikel SehatQ menggunakan riset dan interview dengan ahli. Setelah itu di-review oleh editor, dan di-review kembali oleh medical editor. Baru setelah itu di-publish,” Linda menjelaskan.

Dengan berbagai fitur unggulan tersebut, tentu tidak ada alasan lagi untuk tidak menggunakan aplikasi SehatQ, bukan?

Kesehatan adalah kebutuhan dasar manusia. Oleh karena itu, peluang SehatQ untuk berkembang dan membantu lebih banyak orang juga cukup besar. Sehingga, masyarakat lebih mudah mendapatkan layanan kesehatan dan informasi kesehatan yang lebih baik.

“Kami akan terus memastikan bahwa SehatQ menjaga kredibilitas, serta berkomitmen pula untuk menjaga kualitas,” tutup Linda.(Kumparan)

Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan SehatQ.